Selamat Datang di situs Karya Andalas Logistik!

Kamis, 27 September 2012

Mengenal Jasa Freight Forwarding

Apa itu Freight Forwarding?

Freight forwarding adalah jasa yang ditawarkan oleh perusahaan freight forwarder untuk mengurusi pengiriman dan penerimaan barang Ekspor dan Impor. Freight forwarding dapat diartikan sebagai

"Kegiatan usaha yang ditujukan mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, laut dan udara yang dapat mencakup kegiatan penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, pengukuran, penimbangan, pengurusan penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas pengiriman barang serta penyelesaian tagihan dan biaya-biaya lainnya berkenaan dengan pengiriman barang-barang tersebut sampai dengan diterimanya oleh yang berhak menerimanya".



Freight Forwarder bisa diposisikan juga sebagai Shipping Agent.

Freight forwarder menawarkan jasa pengiriman dan penerimaan cargo melalui layanan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan Shipping Company. Kalau perusahaan shipping ini biasanya menawarkan hanya sebatas kepada penggunaan armada transportasi pengiriman / angkutannya sendiri baik kapal maupun pesawat, maka freight forwarder dapat menawarkan pengiriman barang, penerbitan dokumen, hingga penyelesaian impor bahkan sampai pada pengiriman hingga gudang penerima / importir.

Dalam menjalankan usahanya tersebut, freight forwarder memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan shipping, trucking, atau mungkin dengan freight forwarder lain. Hal inilah yang membuat pengiriman barang melalui freight forwarder memiliki nilai lebih dibandingkan melalui shipping agent. Salah satunya adalah schedule pengiriman yang lebih banyak. Perusahaan shipping agent / carrier ini, tentu memiliki keterbatasan dari segi jadwal pengiriman yang disebabkan keterbatasan armada angkutan yang dimilikinya. Berbeda dengan freight forwarder yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan shipping tersebut, sehingga freight forwarder dapat menunjuk shipping line mana saja yang memiliki jadwal keberangkatan paling dekat dengan waktu yang diharapkan.

Keberadaan freight forwarder tentu mempermudah eksportir atau importir dalam melakukan pengiriman dan penerimaan barang. Kebutuhan untuk kemudahan proses ekspor dan impor itulah yang akhirnya membuat perusahaan freight forwarder dapat terus berkembang pesat.

Apakah anda membutuhkan layanan jasa ekspor atau jasa impor dari freight forwarder untuk mempermudah proses ekspor impor anda?
Silakan konsultasikan dengan kami. --> contact us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar